PIALA MENPORA ESPORTS 2021 RESMI DIGELAR

Gelaran akbar dunia Esports Indonesia kembali membuat prestasi positif dengan kembali digelarnya PIALA MENPORA ESPORT 2021, yang dengan resmi telah dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bp. Dr. Zainuddin Amali pada hari sabtu 17 April 2021 secara live di Youtube Channel Kemenpora RI dan Youtube Channel UniPin Gaming, pada pukul 10:00 wib pagi hari tadi.

Admin by Donyaku Playmate in 2021-04-17 12:06:50
Umum

Gelaran akbar dunia Esports Indonesia kembali membuat prestasi positif dengan kembali digelarnya PIALA MENPORA ESPORT 2021, yang  dengan resmi telah dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bp. Dr. Zainuddin Amali pada hari sabtu 17 April 2021 secara live di Youtube Channel Kemenpora RI dan Youtube Channel UniPin Gaming, pada pukul 10:00 wib pagi hari tadi.

 

Sebuah langkah positif atas kembali terselenggaranya Piala Menpora Esports ini, dengan mengusung Esports Mobile Legend sebagai Cabang Olahraga yang dipertandingkan, tentunya akan membuat pencinta esports Mobile Legend semakin bergairah menyambut kegiatan akbar didunia esports Indonesia ini.

 

Esports atau electronic sports sudah menjadi cabang olahraga terbaru dan telah dipublish sejak beberapa tahun lalu dan juga telah mulai dipertandingkan di tingkat Multi Event yaitu Asian Games 2018, Sea Games Philipina 2019 dan juga akan dipertandingkan di Sea Games Hanoi 2021 nanti, Esports secara  Mobile adalah aplikasi yang saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan usia, fitur yang disediakan memudahkan dan memberikan ketertarikan tersendiri bagi pecinta mobile game yang ada dimana salah satunya adalah cabang esports Mobile Legend.

 

Lebih dari 14.000 team peserta yang mendaftar atau lebih dari 70.000 orang peserta yang mendaftar dari seluruh Indonesia pada turnamen ini, sebuah bukti nyata besarnya minat pencinta Mobile Legend di Indonesia. Gelaran ini akan dilakukan melalui system hybrid dimana tahapan kualifikasi dan semi final akan dilakukan mulai tanggal 17 April 2021 hingga 9 Mei 2021 secara Online dan Grand Final  yang nanti  akan dilaksanakan di Pasuruan pada tanggal 30 Mei 2021 secara Ofline dengan menghadirkan para semifinalis dan finalis kelokasi pertandingan.

 

Dengan Total Hadiah sebesar Rp. 200.000.000,- dan Trophy Piala Menpora bagi team Juara, merupakan daya tarik utama peserta yang dengan  begitu antusias mendaftarkan timnya dalam turnamen ini  hingga batas akhir pendaftaran yang telah berakhir pada tanggal 13 April 2021 lalu.

 

Acara pembukaan yang dilaksanakan secara virtual ini, berjalan sesuai rundown yang ada, dengan menampilkan kata sambutan  sbb:

Laporan dari Ketua Panitia Pelaksana, Bp. Ahmad Fajar Ridwan dari AMPI Jatim.

Sambutan Ketua Penyelenggara oleh Ketua AMPI Jatim, Bp. Pranaya Yudha Mahardika.

Sambutan Ketua Dewan Pembina DPD AMPI Jatim, Bp. M. Sarmudji.

Sambutan Ketua Umum PB Esports Indonesia diwakili oleh Waketum PB ESI Bp. Komjend Pol Bambang Sunarwibowo

Sambutan sekaligus membuka Kegiatan Piala Menpora oleh Bp. Dr. Zainuddin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

 

Pada kesempatan pembukaan secara Virtual ini Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bp. Dr. Zainuddin Amali menyampaikan “Sangat mengapresiasi atas upaya dan inisiatif DPD AMPI Jatim yang menyelenggarakan kegiatan ini, karena olahraga esports adalah pilihan yang tepat ditengah pandemi saat ini, dimana usia yang mendaftar juga masuk dalam kategori pelajar sampai mahasiswa yang juga berarti kategori pemuda, beliau juga berharap kedepan bisa lebih ditingkatkan hingga ke tingkat internasional dengan melibatkan tim-tim dari luar negeri, karena tanpa turnamen, tanpa kompetisi dan tanpa kejuaraan kita tidak bisa mengukur kemampuan kita”.

 

Waketum PB ESI Bp. KomJend Pol Bambang Sunarwibowo menyatakan “Mendukung kegiatan ini, semoga dapat menjadi ajang pencarian bibit unggul atlet esports nasional dari pelajar, pemuda dan pemudi yang nanti dapat mengharumkan nama bangsa ditingkat esports internasional”.

 

Ketua Dewan Pembina AMPI Jatim Bp. M. Sarmudji menghimbau “Sukses turnamen ini bagi saya bukan saja penyelenggaraan acara yang memang harus sangat baik, tetapi juga sukses melahirkan atlet nasional yang bisa menjadi jagoan, menjadi hero Indonesia dipentas dunia”.

 

 

Ketua Ampi Jatim Bp. Pranaya Yudha Mahardika menyampaikan “Dari turnamen ini dapat menjadi ajang bergengsi yang menjadi inspirasi bagi organisasi kepemudaan lainnya, AMPI Jatim berusaha menjadi wadah pemuda yang kreatif dan produktif hingga mampu mencetak prestasi”.

 

Ketua Panitia Bp. Ahmad Fajar Ridwan melaporkan “seluruh peserta yang telah mendaftar pada  Piala Menpora 2021 ini dengan jumlah yang cukup luar biasa yaitu 14.096 pendaftar memang tidak semuanya akan bisa  ikut dalam turnamen ini karena kami memiliki persyaratan yang telah kami tetapkan dalam event kita di Youth Esport Tournament 2021 ini”.

 

Kegiatan ini akan dilakukan secara secara Live di youtube channel yang telah disedikan, hanya setiap week end (jumat, sabtu dan minggu) dan dapat diikuti keseruan pertandingannya oleh peserta maupun pecinta esports mobile Legend khususnya. Pertandingan ini juga akan berlangsung setiap hari mulai senin sampai dengan minggu dan akan terbagi atas 4 (empat) sesi setiap hari nya mulai pukul 13:00 wib.

 

Menjadikan Esports sebagai sebuah kegiatan positif dan berprestasi bagi kaum millenial Indonesia sangatlah menarik, olahraga berbasis teknologi ini memang terus berkembang seiring waktu dan pilihan cabang olahraganya yang juga hampir sudah terkategori secara usia makin menjadi daya tarik tersendiri, ditengah pandemic yang masih berlangsung, tentunya pilihan beraktifitas secara online di Esports mobile sangatlah tepat, diharapkan kegiatan Youth Esports Tournament 2021 ini bisa menghasilkan talenta-talenta berbakat yang diharapkan bisa berprestasi hingga ke tingkat global nantinya.